Asosiasi Penulis Profesional Indonesia atau yang disingkat Penpro merupakan asosiasi yang mengintegrasikan penulis di seluruh Indonesia, dan dari segala bidang penulisan. Sebagian besar anggota tergabung dalam sebuah grup daring (dalam jaringan) di aplikasi chatting WhatsApp bernama “Rumah Penulis Indonesia”.

Grup tersebut mempunyai sebuah kegiatan bernama “Kuliah Daring” hampir setiap malam pukul 20.00-21.00 WIB. Rangkuman kegiatan dapat Anda akses dengan leluasa, kapan saja, di Page Facebook Penpro.

Tatkala Kuliah Daring berlangsung, anggota Penpro yang saat itu dapat berpartisipasi mengirimkan emoticon jempol sebagai tanda siap menyimak. Selain itu, pengucapan ‘kosongkan gelas’ menjadi hal wajib yang harus diucapkan sebelum kuliah dimulai.

Mengapa?

Anggota Penpro terdiri atas penulis buku, editor, bahkan wartawan, penerbit, hingga penulis lepas. Semuanya memegang lencana profesi ‘penulis’ dan telah mendedikasikan diri untuk menulis.

Dengan berbagai macam latar belakang, tak heran kalau beberapa anggota telah memiliki banyak pengalaman, pengetahuan, serta ribuan eksemplar buku yang dicetak. Namun, tak serta merta para anggota enggan mengikuti kegiatan Kuliah Daring.

“Semakin penuh padi, maka semakin ia merunduk”

“Semakin penuh padi, maka semakin ia merunduk” adalah pribahasa yang tepat untuk menggambarkannya. Setelah bertahun-tahun mengarungi pahit manis dunia penulisanl, para anggota Penpro tetap saling berbagi wawasan dan pengalaman melalui kegiatan tersebut.[]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here