Penpro.id | Dalam sejarahnya Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (sebelumnya bernama Asosiasi Penulis Profesional Indonesia) telah dirintis sejak 2016 sebagai respons akan diundangkannya Undang-Undang Sistem Perbukuan dan juga telah lamanya organisasi-organsisasi penulis yang ada vakum. Sebagai langkah awal pada zaman kini maka respons pembentukan Penpro dijaring melalui grup WA bernama Rumah Penulis Indonesia (Rumpi).

Dalam usia Penpro yang sudah mau menginjak 2 tahun, Grup Rumpi masih eksis dengan jumlah anggota yang sudah mencapai batas maksimal. Namun, harus diakui bahwa di Grup Rumpi tidak semuanya tercatat sebagai anggota Penpro. Banyak informasi yang tiap hari dibagikan tidaklah untuk kepentingan Penpro secara umum.

Karena itu, tugas Rumpi dianggap sudah selesai dan saya meminta Grup Rumpi untuk dihapus. Namun, sebelum itu Admin sudah mengumumkan apabila grup ini akan diambil alih, yang bersangkutan dapat menghubungi Admin.

Setelah melewati batas waktu 1 x 24 jam tidak ada yang merespons maka satu per satu admin mengundurkan diri dan satu per satu anggota yang juga merupakan pengurus Penpro dan angggota Penpro telah mengundurkan diri. Hal ini semata untuk mencegah anggapan bahwa Rumpi identik dengan Penpro dan Penpro tidak lagi bertanggung jawab terhadap keberadaan grup tersebut, termasuk konten di dalamnya.

Keputusan ini diambil juga berdasarkan hasil rapat pleno Pengurus Pusat Penpro yang hanya dihadiri segelintir pengurus. Dalam rapat penting tersebut juga diputuskan untuk merestrukturisasi organisasi Penpro karena selama ini praktis tidak jalan sebagaimana mestinya. Tentu saja Penpro tidak diarahkan sebagai organisasi yang cuma nama dan tanpa kiprah yang dapat dirasakan oleh anggota secara nasional.

Sebagai gantinya Penpro akan membentuk Grup WA bernama Rumah Penpro yang akan menjadi wadah bagi para anggota untuk saling berkomunikasi. Admin Penpro akan dikelola oleh Koordinator Humas dan Sekretaris bersama-sama Kesekretariatan. Demikian pula situs ini akan dikelola oleh satu tim.

Informasi ini menjadi penjelas mengapa Grup Rumpi dihapuskan dan tidak lagi dikelola oleh Tim Penpro. Terima kasih.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here