Penpro.id | Ketua Umum Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro) terpilih 2016-2020, Bambang Trim, memaklumkan dibukanya pendaftaraan anggota Penpro untuk para penulis di seluruh Indonesia. Ada tiga jenis keanggotaan, yaitu anggota biasa, anggota luar biasa, dan anggota kehormatan.

Anggota biasa adalah perseorangan penulis yang mengajukan diri menjadi anggota dengan melampirkan 1) salinan KTP; 2) biodata; 3) salinan kliping karya tulis di media massa/jurnal ilmiah/media internal dan/atau kover buku yang pernah ditulis., baik sebagai penulis tunggal, penulis kontributor (dalam karya antologi atau bunga rampai), penulis pendamping, maupun penulis bayangan.

Adapun anggota luar biasa adalah organisasi penulis dalam bentuk komunitas, forum, ataupun grup penulis yang mengikatkan diri kepada Penpro. Anggota luar biasa diwakili oleh para pengurus organisasi yang telah menjadi anggota biasa.

Anggota kehormatan hanya dapat ditentukan melalui Musyawarah Nasional Penpro yaitu perseorangan atau lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga swasta, atau lembaga swadaya masyarakat yang telah berjasa terhadap dunia kepenulisan.

Pendaftaran anggota yang mulai dibuka pada 27 Desember 2016 juga menyertakan formulir pendaftaran yang harus diisi calon anggota dan surat permohonan menjadi anggota. Penpro Pusat menargetkan pada tahun pertama ini dapat menjaring lebih dari 500 anggota biasa.

Anggota biasa akan memiliki payung organisasi di tingkat kabupaten/kota yang akan diwakili oleh para pengurus daerah Penpro. Pengajuan pembentukan pengurus daerah Penpro juga mulai dibuka pada 27 Desember 2016 dengan terlebih dahulu atau secara bersamaan para calon pengurus mendaftarkan diri sebagai anggota biasa.

Klik link berikut untuk mengetahui persyaratan anggota dan mengunduh formulir.

7 COMMENTS

  1. Iuran bulanan akan dimanfaatkan untuk apa ya? Dan seperti apa gambaran setelah menjadi anggota penprof? ( Apakah akan lebih besar peluang mendapat job sbg penulis aktif?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here